Kemdiknas Siapkan 50 Ribu Beasiswa untuk SMP Terbuka
Oleh Administrator    Selasa, 13 September 2011 11:29    PDF Cetak E-mail
Penilaian Pengunjung: / 1
KurangTerbaik 
Jakarta, Bekasinews.com – Kementerian Pendidikan Nasional telah menyiapkan beasiswa bagi 50 ribu siswa SMP Terbuka. Beasiswa tahun ini diberikan kepada anak-anak yang berprestasi, baik secara akademik dan non akademik.

"Selain beasiswa, pemerintah juga khusus menyediakan program keterampilan yang dimulai dari softskill-nya, kemandirian, dan kemudian kerja keras serta semangat yang tinggi," ujar Direktur Pembinaan SMP Direktorat Pendidikan Dasar Kemdiknas Didik Suhardi, usai acara pembukaan Lomba Motivasi Belajar Mandiri (Lomojari) di Gedung Kemdiknas, Jakarta, Senin (12/9) malam.

Menurut Didik, para siswa penerima beasiswa nantinya tidak akan diberikan modal awal, mengingat para siswa tersebut sudah memiliki modal awal yang berupa keterampilan. "Bentuk keterampilannya nanti tergantung yang dikembangkan oleh masing-masing tempat kegiatan belajar (TKB)-nya," ujarnya.

Kegiatan Lomojari merupakan salah satu cara pemerintah untuk memberikan semangat kepada siswa agar terus termotivasi untuk belajar. "Rata-rata anak SMP Terbuka ini kan berasal dari keluarga tidak mampu atau kurang beruntung. Maka itu harus kita motivasi terus  bahwa kemiskinan itu bukan hambatan untuk memperoleh pendidikan," katanya.

Didik menjelaskan, selama ini para siswa SMP Terbuka yang melanjutkan ke jenjang SMA/SMK antara 20 sampai 30 persen. Menurutnya, angka tersebut masih sangat minim. Oleh karena itu, pemerintah wajib untuk mengembangkan pendidikan SMP Terbuka tersebut, yakni dalam bentuk pemberian beasiswa dan juga membuka SMK kecil agar para siswa bisa terus mengembangkan keterampilannya.

"Anak-anak SMP Terbuka yang meneruskan ke SMA/SMK setiap tahunnya memang meningkat, namun baru mencapai 20 sampai 30 persen. Diharapkan di tahun-tahun berikutnya dapat terus meningkat,” ujar Didik Suhardi.(kominfo/dry)

 

Anda sedang menggunakan Internet Explorer 6 (IE6).

Browser anda Sebaiknya di upgrade ke version 7 Internet Explorer (IE7)

Free Update silahkan kunjungiInternet Explorer 7 worldwide page.